HIKMAH SELALU SERTA

Guys, kalau ada terlintas di pikiran lo untuk jenguk sahabat, kerabat atau saudara, apalagi yang usianya lebih tua/sepuh, sebaiknya langsung aja jenguk. Nggak usah pake mikir lama. Karena kita nggak akan tau apa yang terjadi di masa depan, walau sedetik. Jangan sampai menyesal kemudian.

Rasa sesal itu yang gue kemarin saat pagi-pagi dengar kabar wafatnya Dwi Koendoro, salah satu kartunis dan animator sepuh legendaris yang negeri ini punya. Pencipta tokoh Sawung Kampret dan komik strip Panji Koming ini selalu gue anggap sebagai guru yang memotivasi diri dalam merealisasikan segala ide liar yang ada di kepala gue. Mungkin rasa sesal itu adalah hikmahnya bagi gue, yang akhirnya gue bagi melalui tulisan gue saat ini.

Berawal dari perkenalan gue dengan Om Dwi Koen melalui putera beliau, W. Ichwandiar Dono, di tahun 1999. Saat itu gue sedang melakukan riset untuk tugas akhir D3 Seni Rupa gue di IKJ: membuat proyek komik. Karena pada saat itu gue sedang gandrung dengan komik Sawung Kampret, akhirnya gue temuilah Om Dwi Koen di rumahnya, di bilangan Bintaro (wah, ya ampun jauhnya pada masa itu).

Di sana gue diterima dengan tangan terbuka oleh beliau dan istrinya. Kami berbincang akrab, dan, asli, gue saat itu senang sekali, sekaligus agak gugup. Bayangin aja, ketemu sama sosok yang menggarap komik strip humor mingguan yang kita suka. Itu sesuatu, guys!

Diperlihatkannya pula ruang kerjanya ke gue. Tempat beliau sering mencari ide, juga tahap pembuatan karya-karya komiknya. Dari beliau, gue akhirnya mengerti pentingnya sistematis kerja. Komik strip yang mungkin kebanyakan dari kita anggap sebagai sesuatu yang sepele, ternyata pun harus diperlakukan sama seperti komik lain yang kita anggap sebagai sesuatu yang besar. Naskah, storyboard, penulisan teks, layout. Semua menentukan baiknya hasil akhir. Semakin semua itu dijalankan sistematis, semakin baik hasilnya. Dan semakin memudahkan si seniman itu sendiri.

Kamis, 22 Agustus 2019, Om Dwi Koen berpulang memenuhi panggilan Allah. Terima kasih atas inspirasinya, Pak Guru. Inspirasi adalah ilmu yang bermanfaat. Dan ilmu yang bermanfaat nilainya abadi.