BONBINBEN: PUSTAKA LEBAH – ELECTRIFIED RECORDS

Konsep Bonbinben – yang berasal dari kata “Kebon Binatang Band (dibaca sebagai “ben”)” – dicetuskan pertama kali oleh Franki Indrasmoro Sumbodo dan David Bayu Danangjoyo pada tahun 2006. Franki dan David adalah dua dari empat orang personil band bernama NAIF. Dalam band Franki dikenal sebagai Pepeng NAIF, sedangkan David sebagai David NAIF.

Terinspirasi dari guyonan sehari-hari antar personil NAIF, Pepeng pada tahun 2003 pernah menggambar sekumpulan hewan memegang alat musik yang sengaja digunakan sebagai disain T-shirt merchandise NAIF. Gambar tersebut memuat seekor serigala memegang bass gitar, kuda poni memegang gitar, katak kecil memainkan piano kecil, gorilla memegang mikrofon, dan seekor monyet bekantan memainkan drum. Disain tersebut diberi nama NAIFZOO.

Project Bonbinben adalah milik ER (Electrified Records, PT. NAIF Cipta Kreatif), bukan NAIF band. ER bekerjasama dengan Pustaka Lebah untuk membuat buku aktifitas bercerita dan CD lagu anak-anak yang dinyanyikan oleh Bonbinben.

Bonbinben adalah karakter fable rekaan belaka yang terdiri dari Si Gori (gorilla), Si Kupon (kuda poni), Si Gala (serigala), dan Si Dungde (bekantan). Kesemuanya merupakan pengadaptasian profil para personil NAIF band. Lagu-lagu Bonbinben juga adalah lagu yang diciptakan dan dinyanyikan oleh NAIF. Namun demikian, NAIF tidak ingin menempelkan image NAIF ke dalam Bonbinben. NAIF dan Bonbinben adalah berbeda.

Produk:
Boxset CD lagu anak-anak + buku aktifitas bercerita. CD terdiri atas 8 lagu anak-anak (produksi oleh NAIF) dikemas bersama buku cerita dan aktifitas (produksi oleh Pustaka Lebah).
Jalur distribusi: Direct selling
Produser album: Pepeng NAIF
Target rilis produk: 20 Juli 2008 (soft launch).
Soft launching diiringi konferensi pers, diadakan di toko buku Aksara, Kemang. Pada saat soft launch juga diinformasikan akan adanya grand launching Bonbinben, yaitu sebuah pertunjukan operetnya berdasarkan naskah yang ada pada buku cerita.

Grand Launching: 25 (GR)-26 Juli 2008 (mengambil moment Hari Anak Nasional 23 Juli).
Lokasi: Gedung Kesenian Jakarta.
Tim Produksi: PQHO (PT. Performa Kreatifitas Oetama).

Bonbinben Dan Indosat
Guna mendukung pergerakan Bonbinben, Pepeng melalui NCK bekerjasama dengan sebuah perusahaan content provider bernama Inzpire yang kemudian menggandeng Indosat.
Indosat memberikan beberapa layanan digital dan membuatkan 1000 buah voucher isi ulang edisi Bonbinben pada periode Oktober 2008-Januari 2009.


© 2008 Franki Indrasmoro