SETAN JALANAN DAN JAKARTA COSPLAY PARADE 2014

Oops! Apa pula Jakarta Cosplay Parade (JCP) ini?
Ini adalah kegiatan yang diprakarsai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta demi mendukung kreatifitas anak bangsa. Acara yang digagas oleh Cosplay Jakarta ini bisa dibilang adalah acara festival cosplay terbesar di Jakarta sejauh ini. Lokasinya di Silang Monas, tanggal 2 November 2014 mendatang.

Dimulai dari sebuah pesan pribadi di inbox Facebook gue beberapa waktu lalu, dikirim oleh Maria Margaretha Earlene, salah seorang tokoh cosplayer yang “dituakan” di komunitasnya. Earlene, begitu sapaan akrabnya, berasal dari Zero Cosplay Indonesia, mengundang gue bersama Setan Jalanan untuk ikut bergabung dalam acara JCP 2014. FYI, Setan Jalanan – karakter ciptaan gue – baru saja resmi memunculkan cosplay-nya di Popcon Asia 2014 lalu, dan ternyata mendapat sambutan luar biasa positif. Sebuah kehormatan bagi gue, cosplay Setan Jalanan bisa diterima di komunitas cosplayers, sampai diajak bergabung dalam acara mereka.

Nggak pake banyak tanya, gue terima ajakan Earlene dengan tangan terbuka. Singkat cerita, setelah mengikuti briefing pertama dengan para komunitas cosplayers beserta panitia acara di kantor Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan, di bilangan Gatot Subroto beberapa hari lalu, lanjutlah agenda berikutnya: Konferensi Pers, di Kantor Gubernur DKI Jakarta. Nggak tanggung-tanggung, para cosplayers, dan Setan Jalanan juga tentunya, berfoto bersama Ahok – calon Gubernur DKI Jakarta beberapa hari ke depan – setelah beliau sebelumnya memberi sambutan pada saat konferensi pers. Sayang gue nggak keburu untuk turut hadir di sana.

Ini beberapa berita tentang Konferensi Pers JCP 2014:
http://citizendaily.net/jakarta-cosplay-parade-digelar-awal-november/
http://www.antaranews.com/berita/458017/pemprov-gelar-jakarta-cosplay-parade-2-november

Anyway, elo tau cosplay? Cosplay itu sebutan untuk kegemaran orang memakai atribut idola mereka dari film, komik, game dan lain-lain media hiburan. Berasal dari kata costume playing.

Tema JCP 2014 adalah Rising Of Indonesian Legends. Kebayang banget kan serunya? Datang aja nanti tanggal 2 November 2014, di Silang Monas, Jakarta. Jangan lupa seflie bareng Setan Jalanan. Haha!