BEDAH KARAKTER SETAN JALANAN – SETAN JALANAN (SANG PEMOTOR MISTERIUS)

SETAN JALANAN – Karakter

SETAN JALANAN (SANG PEMOTOR MISTERIUS)
Kreasi: Franki Indrasmoro

Dia muncul di siang hari, dia muncul di malam hari. Kehadirannya nggak bisa ditebak kapan. Sang Pemotor Misterius, awalnya ia dipanggil. Kemudian ia dikenal sebagai Setan Jalanan.

“Di Antara Gelap Dan Terang, Di Situ Setan Berada”.
Itu adalah sebuah slogan. Slogan dari komik Setan Jalanan. Dari yang gue pelajari saat duduk di bangku kuliah Disain Grafis di Institut Kesenian Jakarta (gue angkatan 1994), sebuah produk memerlukan slogan untuk menarik perhatian konsumen. Calon pembeli produk tersebut. Komik Setan Jalanan karya gue ini gue anggap sebagai produk. Jadi gue karanglah sebuah slogan untuknya.

Baiklah. Pertama gue akan jelaskan arti dari “Di Antara Gelap Dan Terang, Di Situ Setan Berada”. Gue terinspirasi dari sabda nabi besar Muhammad SAW, nabinya umat Islam, yang isinya cukup panjang dan agak sensitif untuk gue share di sini. Inti dari dalil itu adalah bahwa setan atau iblis memiliki dua tanduk, dan ketika matahari sedang terbit maupun tenggelam, iblis mendatangi matahari seolah-olah matahari terbit di antara dua tanduknya. Ini berhubungan dengan waktu shalat umat Islam.


Nggak ada orang yang tau siapa sebenarnya Setan Jalanan. Pahlawankah ia? Atau justru lawan? Yang pasti Setan Jalanan berada di antara terang dan gelap. Ia dikejar dan mengejar. Dikejar oleh aparat hukum, dan mengejar pelanggar hukum. Area abu-abu. Bukan putih, dan bukan hitam. Ia berada “di antara” semua itu. Di antara hitam dan putih, di antara gelap dan terang, di antara dingin dan panas… Di antara keraguan kita. Itulah makna dari slogan Setan Jalanan.

Sewaktu kecil gue pernah menggambar figur seorang pengendara motor dengan helm dan motor yang keren – setidaknya bagi gue saat itu – terus gue kasih teks ‘Setan Jalanan’ di atasnya. Rupanya secara bawah sadar semua itu terekam di kepala gue (baca: http://frankiindrasmoro.com/newsflash/setan-jalanan-sebuah-kisah-di-baliknya.html).

Setan Jalanan bukanlah pahlawan berkekuatan super, Setan Jalanan bukanlah manusia yang termutasi sehingga memiliki kekuatan luar biasa. Setan Jalanan bukan pula makhluk halus. Setan Jalanan hanya sebuah julukan bagi Sang Pemotor Misterius yang bergentayangan di jalanan untuk memberangus segala kejahatan dan mengembalikan kebenaran, melalui kemahirannya yang luar biasa dalam bermotor.

Terkesan tidak terlalu istimewa? Mungkin. Tapi gue yakin pendapat lo akan berubah ketika elo melihat sendiri bagaimana Setan Jalanan beraksi.

 

Franki Indrasmoro
Kreator & Penulis Setan Jalanan

 

* * * * *