Launching Merchandise KomikNAIF, Menuju Ke Seri Tiga

Nggak terasa serial komik Petualangan NAIF Dan Mesin Waktu (KomikNAIF) udah masuk di bulan ketujuh sejak terbit seri pertamanya. Dan udah dua judul yang beredar. Pengalaman pertama gue terjun ke dunia buku komik.

Masih melekat erat di kepala gue, betapa gue excited sekali saat seri pertamanya yang berjudul Radio Antik itu siap launched. Apalagi kalo inget pas lagi deadline mepet waktu itu, gue sama Injun (Rumah Warna) sampe nginep-nginep segala di kantor KPG, ngerjain halaman-halaman yang masih harus direvisi dan dievaluasi. Hehe.. Memorable.

Pengerjaan KomikNAIF seri pertama gue akui memang penuh dengan kejar-kejaran deadline, sehingga terasa kurang maksimal. Ditambah pula, komik seri pertama belum berisi banyak cerita. Kebanyakan masih berisi tentang pengenalan karakter. Banyak yang berkomentar tentang cerita (yang dianggap terlalu singkat), gambar (yang garisnya masih kasar), juga minimnya teks (sehingga alur cerita kurang jelas). Semua komentar gue terima dengan ikhlas. Terima kasih untuk semua yang udah berkomentar, baik lewat obrolan langsung, email (via komiknaif@frankiindrasmoro.com), website (www.frankiindrasmoro.com), Facebook dan Twitter gue.

Kemudian, di seri kedua, gue dan temen-temen dari Rumah Warna mulai menemukan chemistry. Kami mulai ngerti pola kerja yang cocok untuk kami. Dan terbitlah seri Johan & Enny. Di seri ini barulah cerita petualangan NAIF dimulai. Karena chemistry yang mulai terbentuk, berpengaruh ke hasil jadinya. KomikNAIF kedua terasa lebih matang. Memang, gue dan Rumah Warna berusaha keras memperbaiki kekurangan seri pertama dengan cara memaksimalkan produksi seri keduanya. Alhamdulillah.

Sekarang, saatnya seri ketiga. Judulnya Menjelajah Dimensi Cinta. Di seri ini, cerita akan lebih seru lagi. Gue bikin si David terpisah dengan ketiga temen-temennya: Emil, Pepeng dan Jarwo. David kesasar di masa depan, sementara Emil, Pepeng dan Jarwo kesasar di era kolonial Belanda. Tapi sayang, pengerjaan seri ketiga ini banyak menemukan kendala, baik teknis maupun non teknis, yang berakibat mundurnya jadwal terbit komik. Direncanakan, seri ketiga KomikNAIF akan terbit di bulan Oktober mendatang.

Sambil mengisi waktu terbit buku ketiganya, gue ajak Bloopendorse (sebuah clothing line terkemuka di Jakarta) untuk memproduksi merchandise KomikNAIF. Dalam hal ini adalah T-shirt dulu. Peluncurannya diadakan di Urbie Store, cabang Bloopendorse di timur Jakarta, tanggal 26 September besok, jam 15:00 sampai selesai. Akan ada konferensi pers, penjualan KomikNAIF di lokasi (dan merchandisenya, tentunya), book signing oleh NAIF benerannya dan konseptor komiknya (ehm, gue sendiri, maksudnya) dan beberapa acara bebas lainnya. NAIF-nya manggung atau nggak? Kita liat aja nanti. Hehe.

Well, insya Allah kita ketemu di acara Launching Merchandise KomikNAIF yaa…

Franki Indrasmoro Sumbodo

Urbie Store: Jl. Jatiwaringin Raya No. A5, Jakarta Timur.
www.bloopendorse.com
www.frankiindrasmoro.com


Merchandise KomikNAIF edisi pertama


Yuk, dateng rame-rame ke acaranya!