DIARI PERJALANAN KOMIKNAIF (MENUJU AKHIR PERJALANANNYA)

Masih inget KomikNAIF? Yes, komik serial Petualangan NAIF Dan Mesin Waktu, yang gue bikin sejak 2010 lalu. Saat ini KomikNAIF sudah mencapai seri keempatnya, dari total lima seri yang direncanakan.

DIARI PERJALANAN KOMIKNAIF (MENUJU AKHIR PERJALANANNYA)Seperti yang sebagian dari kalian udah tau, bahwa KomikNAIF adalah karya gue pertama sebagai seorang konseptor dan penulis cerita komik, dan gue sengaja mengawali karir menulis gue di komik serial yang berjudul asli Petualangan NAIF Dan Mesin Waktu ini.

Jadi awalnya dulu (tahun 200 akhir) saat pertama gue berkunjung santai ke kantor Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) yang saat itu masih berada di bilangan Permata Hijau (sekarang di Palmerah Selatan) gue membawa tiga buah konsep cerita yang gue pengen terbitkan di sana. Yang pertama gue bawa konsep Bonbinben, kreasi gue dan David (vokalis gue di NAIF), yang pada akhirnya gue terbitkan tahun 2008 bersama Pustaka Lebah). Lalu yang kedua adalah konsep KomikNAIF. Pada waktu itu sebetulnya gue udah pernah ngejalanin KomikNAIF bersama tim lama gue, jadi dummy komiknya udah ada. Lebih terlihat jelaslah konsepnya. Dan yang ketiga adalah komik Setan Jalanan, konsep komik action gue yang insya Allah akan segera gue terbitkan di tahun 2013 ini juga bareng penerbit komik digital, Makko. Gue inget banget, pada saat itu mas Candra (editor) dan Pax (marketing) suka sama ketiga konsep gue tadi, dan mereka menanyakan gue, mana yang gue suka untuk jalanin duluan. Dan gue inget banget juga, gue malah balik nanya ke mereka pertanyaan serupa. Setelah sedikit ada obrolan dan debat sengit, akhirnya mereka memutuskan untuk berangkatkan KomikNAIF duluan. So, nggak ada proses lama, gue dan KPG akhirnya bikin persetujuan untuk ngejalanin KomikNAIF.

Pada perjalanannya, bikin KomikNAIF memang ternyata nggak semudah dan semulus obrolan awal dengan KPG. Gue harus menghadapi attitude seniman sang illustrator yang gue ajak di project ini. Dan akhirnya gue pun harus mengundur waktu produksi komik di tengah jalan. Barulah sekitar setahun kemudian gue menemukan tim baru untuk KomikNAIF, yaitu studio Runa (Rumah Warna). Singkat kata, di tahun 2010 gue baru bisa menyelesaikan seri pertama KomikNAIF, dan selanjutnya hampir setiap enam bulan sekali serial KomikNAIF berjalan. Padahal deal awalnya mau ngejadiin komik ini terbit per dua bulan. Hahaha! Maaaap, mas-mas KPG!!

DIARI PERJALANAN KOMIKNAIF (MENUJU AKHIR PERJALANANNYA)Jarak terlama perjalanan produksi KomikNAIF adalah jarak antara serial keempat dengan kelima (terakhir). Gue pikir pada awalnya jeda antara seri ketiga dan keempat adalah yang terlama, yaitu sekitar 10 bulan. Molor 4 bulan. Tapi ternyata antara seri keempat dan kelima gue molor jauh banget dari timeline produksi, sampai-sampai – gue yakin banget – penerbit gue udah hampir nggak peduli KomikNAIF ini mau dilanjutin atau nggak, hehe. Molor sekitar satu tahun lebih! Jujur, gue akui, memang gue buruk sekali ini. Dan gue kecewa dengan diri gue karenanya. Walaupun gue punya alasan teknis untuk keterlambatan ini (dan memang biasanya keterlambatan proses produksi selalu memiliki alasan teknis di baliknya), tetep aja, seharusnya nggak bisa ditolerir. Artinya gue belum bisa me-manage tim produksi gue. Gue udah jadi seorang seniman professional yang gagal. Gue akui itu. Tapi, hey… Itulah hidup, man! Kadang kita memang mengalami saat jaya dan saat terpuruk. Semua harus bisa jadi alasan gue untuk tetap hidup dan berusaha! So, gue nggak akan menyerah untuk memperbaiki kesalahan gue ini. Apa yang selanjutnya gue lakukan? Gue tetep akan melanjutkan KomikNAIF sampai selesai, dan gue akan jalankan project gue selanjutnya dengan sedisiplin mungkin.

Berikut adalah judul-judul KomikNAIF:

  1. Radio Antik
  2. Johan & Enny
  3. Menjelajah Dimensi Cinta
  4. Jerat-Jerat Waktu
  5. Titik Cerah

Silakan ubek-ubek toko buku Gramedia untuk beli KomikNAIF, atau order via Ahmad Awaluddin (+628158158038) untuk pesan antar.

Untuk tau detil cerita di balik produksi awal KomikNAIF, gue pernah menulis tentang itu sebelumnya di blog gue ini. SIlakan intip deh:

http://frankiindrasmoro.com/projects/komiknaif.html

 

Let’s go!!

Jakarta, 7 Januari 2013