CATATAN PENULIS #3

Hai, semuanya! Sudah lama sekali kita nggak berjumpa. Ya, kita bertualang lagi bareng David, Jarwo, Emil dan Pepeng (agak aneh juga nyebut nama gue sendiri di sini, hehe) di Petualangan NAIF dan Mesin Waktu, alias KomikNAIF.

Bicara soal waktu, memang, KomikNAIF kali ini mengalami kemunduran jadwal terbit yang cukup lama. Sampe-sampe gue nggak enak sama Mas Candra Gautama, Pax dan Ratna, teman-teman KPG yang dari cerewet nanyain kapan komiknya bisa selesai sampai akhirnya diam seribu bahasa. Hehehe… Mungkin lama-lama udah capek juga nanyain gue! Hehe… Maaf ya, kawan-kawan semua.

Di website gue, www.frankiindrasmoro.com, dan email komiknaif@frankiindrasmoro.com pun banyak yang mempertanyakan. Kurang lebih begini:

“Mas Franki, komik seri 3 kapan ya terbitnya?”

“Ompep (begitu biasanya mereka yang udah cukup “akrab” memanggil saya), jangan kelamaan doong KomikNAIF ketiganya!”

Sampai yang nadanya agak-agak mengancam juga ada:

“Mas Pepeng, kalo nggak ngeluarin komiknya segera, saya nggak ngefans lagi sama NAIF ah!”

Waah, bisa-bisa nasib NAIF ada di tangan gue nih kalo begini. Begitu pikir gue. Hahaha…

Anyway, gue nggak akan banyak beralasan ini-itu soal kenapa KomikNAIF seri 3 ini bisa telat. Sepertinya memang letak kesalahan semua ada di gue. Sifat sok tau bisa handle semua hal secara bersamaan, untuk membuktikan apakah gue bisa melakukan itu, sepertinya lagi diuji. Dan hasilnya? Ternyata saya cuma manusia yang punya keterbatasan. Segala puji bagi Allah, akhirnya buku ini selesai juga dan bisa kamu baca sekarang. Jangan lupa untuk kasih komentar ya ke email yang tersebut di atas.

Di balik kisah petualangan yang terasa ringan, KomikNAIF bertutur tentang pentingnya persahabatan. Betapa sering anggota NAIF bertengkar karena hal kecil, kadang saling kesal dengan sifat personal di antara mereka, tapi tetep aja saat bahaya datang, keempat laki-laki itu akan saling tolong dan saling dukung. Karena mereka sadar akan persahabatan yang mendasari hubungan mereka.

Dan memang, NAIF aslinya sendiri adalah band yang berawal dari tali pertemanan dekat, yang disebut sahabat. Kami belum tentu akan ngeband kalau bukan karena pertemuan legendaris kami di kampus seni itu (lihat www.naifband.com/naifologi untuk cerita lengkapnya). Kami belum tentu akan selanggeng sekarang bila tidak didasari persahabatan.

Sebegitu dalamnya arti persahabatan untuk NAIF, sampai-sampai kami manggil para penyuka karya NAIF?kami selalu sebisa mungkin nggak nyebut kata “fans”?sebagai KawaNAIF. Dan NAIF bener-bener memperlakukan mereka seperti teman. Nongkrong bareng, ngobrol dan bercanda, dan hal-hal lain yang layaknya dilakukan bersama teman, alias kawan, alias sahabat.

Sekadar ngasih tau aja, tahun 2010 ini NAIF berusia 15 tahun. Usia yang nggak bisa dibilang muda untuk ukuran band. Kami baru aja ngerayain ultah ke-15 kami di kafe kecil di Kemang, Jakarta, bernama Brewww!. Perayaan kejutan, tepatnya. Naiffunclub, wadah untuk para KawaNAIF memberi kami sedikit kejutan dengan ngadain pesta yang intim. Wow, betapa senangnya! Mungkin hal seperti itu nggak akan terjadi kalau kami nggak menerapkan konsep “persahabatan” tadi. Pesta berlangsung lancar dan intim. NAIF manggung akustikan di acara ini, membawakan lagu-lagu kami secara spontan. Sayang Jarwo saat itu nggak bisa hadir karena kurang sehat.

Melalui Catatan Penulis yang halamannya dibatasi ini, gue sekalian mau ngasih tau nih, kalau tanggal 26 September lalu KomikNAIF meluncurkan merchandise. Sementara ini item merchandise baru T-shirt aja. Merchandise KomikNAIF diproduksi oleh Bloopendorse, satu clothing line asal Jakarta, dan acara peluncurannya diadakan di Urbie Store, anak usaha Bloopendorse di bilangan Jakarta Timur. Untuk mendapatkan merchandise KomikNAIF, kamu bisa datang ke toko Endorse di Jl. Tebet Utara Dalam No. 22 & 5 Jakarta Selatan, atau Urbie Store di Jl. Jatiwaringin Raya No. A5 Jakarta Timur, atau order online melalui www.bloopendorse.com. Pesan via telepon juga bisa. Silakan kamu hubungi 08568186243, dengan Deni.

Ya sudah, mari kita nggak usah berlama-lama lagi. Selamat menikmati kisah Petualangan NAIF dan Mesin Waktu seri 3: Menjelajah Dimensi Cinta. Semoga kalian suka.

 

Cheers!

Jakarta, 2 Desember 2010